SEKILAS INFO
25-10-2021
  • 9 bulan yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi MTsN 9 Ngawi
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang diWebsite MTsN 9 Ngawi
Sejarah Madrasah

SEJARAH 

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JOGOROGO

Madrasah Tsanawiyah Negeri Jogorogo adalah sebuah lembaga Pendidikan yang terletak di sebuah desa tidak jauh dari Kota Kecamatan Jogorogo. Madrasah tepatnya berada di Dusun Genggong Desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi.

Madarasah Tsanawiyah Negeri Jogorogo berdiri pada tahun 1967. Madrasah semula bernama Madrasah Tsanawiyah Jendral Sudirman. Nama Jendral Sudirman diambil  karena berada di jalan Jendral Sudirman. Nama itu berlangsung sampai tahun 1982.

Para tokoh pendiri Madrasah Tsanawiyah Jendral Sudirman adalah : Bapak Kyai Zainal Abidin, Bapak Abdul Rohman, Bapak Pardan, Bapak Sikun Pribadi Bapak Abdullah Sujadi  dan Ibu Umi Wasithoh S.Ag bersama sama dukungan masyarakat sekitar Jogorogo. Semuanya adalah warga Jogorogo yang tempat tinggalnya tidak jauh dari Madrsah..

Seiring dengan perkembangan pendidikan, pada tahun 1982  menggabungkan diri dengan Madrasah Tsanawiyah Negeri Paron 1 dengan nama Madrasah Tsanawiyah Negeri Paron Filial Jogorogo karena menjadi mitra kerja. Madarasah Tsanawiyah Negeri Paron 1. Penggabungan itu didasarkan atas persetujuan para pendiri dan dewan guru yang ada. Perjalanan menjadi Madrasah filial tidak berhenti begitu saja, namun dewan guru dan seluruh komponen, Madrasah Tsanawiyah Negeri Paron Filial Jogorogo hanya berjalan selama 13 tahun, dan pada tahun 1995 tepatnya pada tanggal 25 Nopember 1995 Madrasah Tsanawiyah Negeri Paron Filial Jogorogo,  berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Jogorogo dengan mendasar pada SK menteri Agama No. 515A Tanggal 25 Nopember 1995. Dengan kapasitas kelas berparalel  3. Kemudian dengan terbitnya SK menteri Agama tersebut MTs Negeri  bertambah  subur dan berkembang pesat dengan animo masyarakat yang masih kental dengan kehidupan yang agamis. Sampai sekarang Madrasah Tsanawiyah Negeri Jogorogo Masih eksis di masyarakat  dan semakin di akui keberadaannya dalam persaingan dalam dunia pendidikan. Kini Madrasah Tsanawiyah Negeri Jogorogo bukan lagi Madrsah yang kecil, namun Madrasah Tsanawiyah Negeri Jogorogo adalah Madrasah yang kompatibel dengan fasilitas lengkap yang dapat menunjang proses pendidikan dan pembelajaran anak didik .

Pada tahun ajaran 2010-2011 Madrasah Tanawiyah Negeri Jogorogo telah berkembang menjadi 6 kelas paralel, yaitu kelas VII berjumlah 6 kelas dengan kapasitas setiap ruang sekitar 36 siswa. Kelas VIII  5 kelas paralel dengan kapasitas setiap kelasnya sebanyak 36 anak dan kelas IX 6 kelas paralel dengan kapasitas setiap ruangnya berjumlah  38 anak.

Perjalanan selama kurang lebih 43 tahun  mulai tahun 1967 sampai  tahun 2013 Madrasah ini telah berganti  kepala Madrasah sebanyak enam kali yaitu Ibu Umi Washithoh, S.Ag, Bapak  Drs. Abdul Hamid,  Ibu Umi Washithoh, S.Ag (periode kedua) Bapak Zarkasi, S.Pd, Ibu Dra. Endang purwani, M.Pd.I, Bapak Drs. Mustafid, M.Pd.I, dan Bapak Drs.Ismadi mulai tahun pelajaran 2015/2016 sampai sekarang.

error: Content is protected !!